Thursday, August 30, 2012

Jenis dan Kemampuan Virus

Hay sob kali ini saya akan phosting tentang virus, simak dan pahami semoga bermanfaat.

Setidaknya, virus memiliki 5 kemampuan dasar, yaitu sebagai berikut.

1. Kemampuan untuk mendapatkan informasi
Virus memiliki kemampuan untuk mendapatkan informasi mengenai karakteristik beberapa file yang ada pada suatu direktori. Informasi ini digunakan untuk mendapatkan file yang akan ditulari. Kemampuan ini akan aktif saat file telah terinfeksi virus. Virus akan menciptakan file yang tersembunyi untuk menyimpan informasi tersebut. Informasi tersebut awalnya disimpan di memori utama komputer (RAM). jadi, saat komputer tersebut di matikan, data akan hilang. Namun, data akan kembali diaktifkan karena virus telah membuat salinan data pada file tersembunyi sebelumnya.

2. Kemampuan untuk memeriksa suatu program
Kemampuan untuk memeriksa suatu program merupakan kemampuan yang penting untuk virus.  Hal ini akan meningkatkan performa virus dalam menginfeksi program lainnya. Virus akan memeriksa apakah program dengan ekstensi tertentu (misal: .exe) sudah tertular atau belum. jika sudah, virus tidak akan menulari lagi file tersebut karena akan menimbulkan  aksi yang sia-sia. Hal ini dilakukan oleh virus dengan memberikan byte yang unik pada file tertentu yang sudah ditularinya.

3. Kemampuan untuk menggandakan diri dan menularkan
Ini adalah sifat utama dari virus. Virus dikatakan hebat jika ia bisa menggandakan diri dan menularkan dalam waktu yang cepat. Awalnya, virus akan memeriksa suatu file yang akan ditulari kemudian menulari file tersebut. Berikut ini beberapa metode yang dilakukan virus dalam menggandakan diri dan menulari file.
a. Overwriting virus (menimpa target)
Virus jenis ini akan merusak file yang ditulari. Biasanya, virus ini dibuat oleh Progremmer virus yang kurang berpengalaman karena dia akan menimpa program aslinya dengan program virus itu sendiri sehingga program aslinya tidak dapat dijalankan yang berjalan hanya virusnya.
b. Appending virus (menempel target)
Virus jenis ini merupakan virus tingkat lanjut. Biasanya, progremmer virus tingkat menengah dan lanjut yang dapat membuat virus jenis ini karena tingkat kesulitannya lebih tinggi. Virus jenis ini biasanya tidak merusak program yang ditulari sehingga program yang terinfeksi masih dapat berjalan seperti biasa, tetapi dengan catatan tidak ada "BUG" di virus tersebut. Virus ini lebih cepat menyebar karena lebih sulit di deteksi.
c. Virus jenis ini lain cara penyebarannya atau penularannya
Mekanisme penularan dari virus ini adalah ia membuat file dengan nama yang sama dengan file korbannya. Dahulu, kita masi ada MS-DOS, ada 2 file sistem, yakni COM dan EXE. Dari kedua file tersebut, file COM yang menjadi sasaran virus. Kenapa begitu? Karena ternyata COM lebih dahulu dieksekusi dari pada EXE.
4. Kemampuan melakukan manipulasi
Untuk melakukan manipulasi virus memiliki routine (rutin). Rutin tidak berbahaya, umumnya hanya ingin iklan atau mempopulerkan diri. Virus memanfaatkan Rutin yang berada pada sistem operasi sehingga memiliki kemampuan yang hampir sama dengan sistem operasi. Berikut ini merupakan manipulasi yang akan dilakukan oleh virus.
a. Membuat gambar atau pesan pada monitor
b. Mengganti atau mengubah-ubah lebel dari tiap file, direktori, atau lebel dari driver
c. Memanipulasi file yang ditulari
d. Merusak file
e. Mengacaukan kerja printer, dsb
5. Kemampuan untuk menyembunyikan diri
Kemampuan ini harus dimiliki virus. Virus akan sulit dihilangkan jika ia tidak terlihat oleh sistem. Sehingga, pembuat virus harus lebih cermat dalam menyembunikan virus. Selain itu, kapasitas memory virus harus kecil. Biasanya kurang dari 100 kb. Berikut ini cara-cara virus untuk menyembunyikan diri.
  • Program virus disimpan dalam bentuk kode mesin dan digabung dengan program lain yang dianggap berguna oleh pemakai.
  • Program virus diletakan pada boot record atau track pada disk yang jarang diperhatika oleh komputer itu sendiri.
  • Program virus dibuat sependek mungkin, dan hasil file yang ditulari tidak terlalu berubah ukurannya .
  • Virus tidak mengubah keterangan atau informasi waktu suatu file.
Nah sobat cukup dulu yach sampai sini pembahasan tentang virusnya, yang penting sobat tau cara kerja virus, so hati" deh n selalu waspada terhadap virus yang akan merusak sistem komputer kita.

Saya kak Anwari undur diri, hehehe kaya di TV yach. sampai jumpah sobat. . . .

Salam Sukses

Kak Anwari
 

0 comments:

Post a Comment

 
;