Thursday, August 30, 2012

Tips Merawat Flashdisk Agar Tidak Mudah Rusak


Tips Merawat Flashdisk Agar Tidak Mudah Rusak - Meskipun harga usb/flashdisk saat ini sudah murah dan terjangkau oleh kantong para pelajar juga mahasiswa namun tidak ada salahnya kita menjaga dan merawat flashdisk yang kita miliki.  bagaimanapun juga flashdisk bukan barang tahan banting,  dan sangat rentan  terhadap benturan, air, dan medan magnet, tentu anda tak mau menerima resikonyakan  belum lagi data-data yang tersimpan di dalamnya juga akan ikut hilang jika flashdisk tersebut rusak. Untuk itu saya membahas tentang cara merawat flasdisk agar tidak mudah rusak.



Berikut ini adalah beberapa tips penting perawatan dasar flashdisk :
1. Jangan dijatuhkan atau dipukul-pukul dengan benda keras agar komponen di dalamnya tidak rusak.
2.  Jauhkan dari medan magnet tinggi seperti speaker, tv dan peralatan lain yang mengadung magnet
3. Rajinlah memback-up data ke komputer agar terhindar dari resiko kehilangan data.
4. Selalu tempatkan flashdisk  ditempat tertentu misal laci, atau tempat-tempat  yang menurut anda aman saat tak terpakai, untuk mengantisipasi kecerobohan kita, misal; ikut tercuci bersama pakaian atau ikut terbuang bersama sampah.
5. Tutuplah flashdisk jika tak terpakai untuk menghindari kotoran masuk yang dapat menyebabkan flashdisk berkarat.
6. Berilah gantungan sebagai tanda agar mudah dicari jika suatu saat hilang mengingat bentuknya yang kecil.
7. Jauhkan dari suhu yang terlalu panas maupun terlalu dingin.
8. Jangan langsung mencabut usb flashdisk ketika selesai digunakan agar tidak rusak datanya. Gunakan metode eject atau stop untuk mematikannya terlebih dulu sebelum kita cabut.
9. Normalnya usb flash disk dapat digunakan sebanyak ribuan atau jutaan kali diisi dan dihapus data. Setelah itu flashdisk akan lemah, mati atau rusak. Sebaiknya tidak bekerja atau mengedit pada file yang ada di flash disk. Kopi dulu ke hard disk drive lalu edit, dan setelah selesai kopi kembali file yang sudah diedit ke dalam flah disk.
10. Pilih merek produk flashdisk yang garansi dan purna jual bagus kalau perlu ltw singkatan dari life time warranty. Simpan bon pembelian dengan baik untuk klaim penggantian baru atau perbaikan bila rusak.
11. Jika ada waktu defrag flash disk anda agar struktur data di dalam flash disk bisa diatur agar kinerja flashdisk kita lebih optimal.

Itulah tips yang saya sampaikan,kalo ada tambahan silahkan di tambahkan dalam kotak komentar ya sob "Oke Makasih"
Sumber: http://keyboardjebol.blogspot.com/
Loading...

0 comments:

Post a Comment

 
;